ANALISIS KINERJA SIMPANG STAGGER TAK BERSINYAL ( Studi Kasus Simpang Stagger Jl. Sido Luhur- Jl. Tanjung Anom- Jl. Wahid Hasyim, Surakarta)

Styanto, Didiek (2008) ANALISIS KINERJA SIMPANG STAGGER TAK BERSINYAL ( Studi Kasus Simpang Stagger Jl. Sido Luhur- Jl. Tanjung Anom- Jl. Wahid Hasyim, Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100010096.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
D100010096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Studi kasus pada simpang stagger tak bersinyal Jl. Sido Luhur- Jl. Tanjung Anom- Jl. Wahid Hasyim, Surakarta pada hakikatnya dilatarbelakangi oleh volume lalulintas yang sangat padat. Hal tersebut perlu mendapat perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan, tundaan, antrian, bahkan kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja simpang yang meliputi kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian, selanjutnya memberikan alternatif pemecahan masalah yang diperlukan dalam mengatasi kinerja lalulintas yang terjadi pada simpang tersebut. Metode yang digunakan untuk analisis simpang stagger ini adalah pencatatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa data geometrik dan lingkungan, data arus lalulintas diperoleh dari hasil pengamatan langsung di lapangan pada hari Sabtu 15 Desember dan hari Senin 17 Desember 2007, sedangkan data sekunder berupa data jumlah penduduk dari Badan Pusat Statistik dan peta jaringan jalan. Sebagai dasar penyelesaian analisis data berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), tahun 1997. Berdasarkan hasil analisis didapat kinerja simpang stagger tak bersinyal Jl. Sido Luhur- Jl. Tanjung Anom- Jl. Wahid Hasyim, Surakarta sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Hal ini dapat dilihat dari nilai kapasitas (C) yang berpengaruh terhadap nilai derajat kejenuhan (DS), tundaan (D), dan peluang antrian (Qp) untuk jam puncak terjelek terjadi pada hari Senin pagi yaitu C sebesar 3005,02 smp/ jam, DS sebesar 1,44. Nilai DS tersebut tidak memenuhi kriteria yang disyaratkan, kemudian dilakukan perbaikan dengan trial error diperoleh alternatif perbaikan yang memberikan nilai terbaik yaitu pelarangan sepeda motor (MC) melewati Jl. Tanjung Anom selatan dan keluar dari JL. Sido Luhur serta penghilangan hambatan samping, jam puncak terjadi pada hari Senin sore dengan nilai C = 4279,34 smp/ jam; DS = 0,77; D = 12,479 detik/ smp; Qp = 23,98%- 47,88%. Nilai DS untuk semua jam puncak sudah memenuhi persyaratan DS < 0,85.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja simpang, simpang stagger
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jul 2009 06:10
Last Modified: 21 Feb 2011 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3809

Actions (login required)

View Item View Item