Pengaruh Komposisi Kompon Ban Dengan Batikan Lurus Terhadap Koefisien Grip Ban Pada Lintasan Aspal Basah Dan Kering

HIDAYAT, LUTFI and , Ir. Pramuko Ilmu Purbo Putro, MT. and , Nurmuntaha Agung Nugraha, S.T.,Pg Dip. (2015) Pengaruh Komposisi Kompon Ban Dengan Batikan Lurus Terhadap Koefisien Grip Ban Pada Lintasan Aspal Basah Dan Kering. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi kompon ban dengan batikan lurus terhadap koefisien grip ban pada lintasan aspal basah dan kering . Vormulasi kompon terdiri dari campuran karet mentah dengan bahan-bahan kimia yang belum divulkanisasi. Karet yang digunakan adalah karet alam RSS dan karet sintetis SBR, sedangkan bahan kimia yang digunakan adalah bahan pelunak, filler (bahan pengisi), anti oksidan, akselerator dan bahan kimia lainnya . Pencampuran karet dengan bahan kimia dilakukan dengan menggunakan alat two roll mixing. Proses pencampuran dimulai dari mencampur karet alam dan sintesis hingga menyatu dan lunak, kemudian mencampur bahan kimia hingga menyatu kurang lebih membutuhkan waktu 40 menit sehingga menjadi lembaran kompon. Proses selanjutnya kompon diuji rheometer untuk mengetahui tingkat kematangan kompon. Kemudian proses vulkanisasi dengan mold batikan lurus menggunakan mesin Vulkanizing Press dengan waktu tertentu dilihat dari hasil rheometer setiap kompon berbeda. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, komposisi kompon sangat berpengaruh terhadap koefisien grip ban. Penambahan black carbon dan sulfur pada spesimen kompon sangat berpengaruh terhadap koefisien grip ban. Pada formulasi kompon 1 dengan komposisi carbon black 47 phr dan sulfur 2,7 phr menghasilkan harga koefisien grip sebesar 0,756 kondisi lintasan kering dan 0,702 pada kondisi lintasan basah. Selain itu, penambahan black carbon dan sulfur juga berpengaruh pada kekerasan. Pada pengujian kekerasan shore A nilai terbesar pada vormulasi kompon 3 sebesar 71,17 dengan komposisi 57 phr black carbon dan sulfur 3,7 phr.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompon, black carbon, sulfur, koefisien grip
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:43
Last Modified: 13 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38083

Actions (login required)

View Item View Item