Faktor-Faktor Ketertarikan Menghafal Al Qur’an Pada Mahasiswauniversitas Muhammadiyah Surakarta

Faqihuddin, Ahmad (2015) Faktor-Faktor Ketertarikan Menghafal Al Qur’an Pada Mahasiswauniversitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
09. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Pernyataan)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

FAKTOR-FAKTOR KETERTARIKAN MENGHAFAL AL QUR’AN PADA MAHASISWAUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA Ahmad Faqihuddin Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta faqih.mamad@gmail.com Pembimbing : Siti Nurina Hakim, S.Psi., M.Si. Dr. H. Syamsul Hidayat, M.A. ABSTRAK Ketertarikan menghafal Al Qur’an pada mahasiswa muncul dikarenakan adanya objek ketertarikan yang menarik perhatian mahasiswa untuk mengikuti pelatihan menghafal Al Qur’an yang diadakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiwa) MPQ (Mahasiswa Pecinta Al Qur’an). Ketertarikan merupakan sebab akibat dari perhatian, maka kemudian akan ada faktor ketertarikan yang diikuti oleh motivasi pada mahasiswa yang mengikuti pelatihan menghafalAl Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menggali, memahami dan mendiskripsikan faktor-faktor ketertarikan menghafal Al Qur’an pada mahasiswa UMS. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif UMS antara semester 2-4 rentang usia 18-21 tahun yang memiliki latar belakang pendidikan bukan alumni Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur’an, aktif dalam pelatihan menghafal Al Qur’an yang diadakan oleh MPQ, minimal pernah bergabung dalam MPQ selama 6 bulan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan pengumpulan data dengan teknik purposive sampling. Kesimpulan dari hasil penelitian tentang faktor-faktor ketertarikan menghafal Al Qur’an pada mahasiswa UMS, yaitu: data yang diperoleh dari keempat subjek dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi ketertarikan subjek menghafal Al Qur’an dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor intrinstik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi keyakinan, bekal kehidupan, mengasah kemampuan menghafal. Adapun faktor ekstrinsik meliputi, keluarga, status sosial, konformitas, dan modeling. Sedangkan motivasi subjek dalam menghafal Al Qur’an dibedakan menjadi dua yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal meliputi ingin memperoleh kesuksesan didunia maupun diakherat, memiliki dasar agama, meraih derajat kemuliaan, mewujudkan cita-cita, bentuk bakti kepada orang tua, dan memberi contoh bagi orang lain untuk menghafal Al Qur’an. Adapun motivasi eksternal meliputi dorongan, saran, dan arahan dari orang tua, teman, dan ustadz saat menyampaikan ceramah seputar keutamaan menghafal Al Qur’an dan mendapatkan beasiswa. Kata kunci: ketertarikan menghafal Al Qur’an

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketertarikan, menghafal, menghafal Al Qur'an, tahfidz, memori
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ahmad Faqihuddin
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:38
Last Modified: 23 Oct 2015 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38078

Actions (login required)

View Item View Item