Diksi dan Gaya Wacana Pada Novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Kajian Stilistika Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Septiyan Ningrum, Ratih and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) Diksi dan Gaya Wacana Pada Novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy: Kajian Stilistika Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (883kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (781kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel, (2) menganalisis penggunaan diksi dalam novel, (3) menganalisis penggunaan gaya wacana dalam novel, (4) mendeskripsikan diksi dan gaya wacana dalam novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah gaya kata (Diksi) dan gaya wacana. Sedangkan subjek yang digunakan adalah novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Data dalam penelitian ini berupa kata di dalam kalimat yang mengandung diksi dan gaya wacana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak dan catat. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teori Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembacaan model semiotik, yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) Struktur yang membangun novel Pasir Pun Enggan Berbisik karya Taufiqurrahman Al-Azizy dapat dilihat dari tema dan fakta cerita. Tema novel ini adalah sebagai umat islam harus berhati-hati dalam bertindak dan apabila terjatuh, harus bisa bangkit dan memohon ampunan dari sang pencipta. Alur yang digunakan adalah Flash-back. Tokoh utama dalam novel ini adalah Atmojo. Latar yang digunakan adalah Banten (Pantai Carita dan Anyer), Jakarta (Tanah Abang dan Rutan Salemba) Karawang, Cirebon, Pandeglang, Bandung, Ciamis, Hongkong, Purwakarta. (2) Diksi dalam Novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy memuat 6 macam diksi yaitu kata konotatif, kata konkret, kata sapaan khas nama diri, kata serapan, kata vulgar dan kata dengan objek realitas alam. (3) Gaya wacana dalam novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy memuat 3 gaya wacana yaitu repetisi, hiperbola, dan campur kode. (4) Hasil penelitian dalam novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy ini dapat digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stilistika, Diksi, Gaya Wacana, Novel Pasir Pun Enggan Berbisik Karya Taufiqurrahman Al-Azizy, Bahan Ajar Sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ratih Septiyan Ningrum
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:09
Last Modified: 07 Oct 2021 14:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38053

Actions (login required)

View Item View Item