Komposisi Aspek Berbahasa dan Bersastra pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SMP N 3 Sragen dan SMP N 1 Surakarta

Tyanurani, Nely and , Drs. H. Yakub Nasucha, M. Hum. (2015) Komposisi Aspek Berbahasa dan Bersastra pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SMP N 3 Sragen dan SMP N 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (782kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1)mendeskripsikan komposisi aspek berbahasa dan bersastra pada soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 di SMP N 3 Sragen dan di SMP N 1 Surakarta, (2) mendeskripsikan kesesuaian soal ujian akhir semester dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 di SMP N 3 Sragen dan di SMP N 1 Surakarta, (3)memaparkan komparasi soal ujian akhir semester mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII tahun pelajaran 2013/2014 di SMP N 3 Sragen dan di SMP N 1 Surakarta.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang datanya bersumber dari naskah soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik pemeriksaan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini adalah: (1) komposisi aspek berbahasa dan bersastra kedua soal ujian akhir semester gasal tidak seimbang, soal ujian akhir semester gasal di Smp N 3 Sragen mempunyai persentase 65,45% : 16,35% dan soal ujian akhir semester gasal di Smp N 1 Surakarta mempunyai persentase 30% : 70%. (2) kesesuaian soal dengan sk kd kurikulum tingkat satuan pendidikan ada tujuh belas soal dan ki kd kurikulum 2013 ada tujuh soal. (3) komparasi kedua soal ujian akhir semester gasal tersebut ialah Smp N 3 Sragen dalam soal ujian akhir semester gasal terdapat 55 butir soal dengan dua bentuk soal yakni pilihan ganda dan uraian, sedangkan soal ujian akhir semester gasal di Smp N 1 Surakarta ada 50 butir soal dengan empat bentuk soal yakni: pilihan ganda, menjodohkan, mengisi bagian kosong, dan uraian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komposisi, ujian akhir semester, bahasa, sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: NELY TYANURANI
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:27
Last Modified: 07 Oct 2021 14:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38050

Actions (login required)

View Item View Item