Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo, Tahun Pelajaran 2012/2013

Fauzi, Ridwan (2015) Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo, Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
01 Halaman Depan.pdf

Download (404kB)
[img] PDF (BAB I)
02 BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB VI)
07 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
10 Naskah Publikasi.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
11 Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Full Text)
12 FullText.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam. Alternatif yang dikemukana untuk mengatasi, paling tidak mengurangi masalah budaya dan karakter bangsa adalah pendidikan. Salah satu usaha untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan perlu dibuat sebuah kurikulum pendidikan yang nilai relevensinya tinggi. Salah satunya dibuatlah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sebagai satu kesatuan kegiatan pendidikan yang terjadi di sekolah. Dengan adanya kurikulum berkarakter ini diharapkan mampu membentuk karakter siswa di sekolah baik melalui pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstra kurikuler. Kemudian yang tidak kalah penting dalam pembentukan akhlak siswa adalah faktor di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam upaya pembentukan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum berkarakter Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam upaya pembentukan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo dan mendiskripsikan kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam upaya pembentukan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis adalah memberikan kontribusi informasi tentang kurikulum berkarakter dan menambah khasanah ilmu di bidang pendidikan. Secara praktis memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam upaya pembentukan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukoharjo. Pada penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dianalisis dengan kualitatif. Metode observasi, interview dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa kurikulum berkarakter sangatlah penting. Upaya untuk mengoptimalkan pendidikan karakter maka digalakan pada pendidikan formal yaitu sekolah. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Kurikulum berkarakter bukanlah kurikulum yang berdiri sendiri, tapi nilai-nilai karakter disisipkan ke dalam KTSP dan terdokumen dalam silabus dan RPP. (b) Penerapan pendidikan karakter secara dokumen diintegrasikan ke dalam mata pelajaran, muatan lokal dan ke dalam pengembangan diri yang meliputi ekstrakulikuler, pembiasaan-pembiasaan. (c) Kendala dan hambatan pelaksanaan kurikulum berkarakter dalam pembentukan akhlak siswa berasal dari faktor dalam dan dari luar sekolah. (d) Faktor pendukung terlaksananya pembentukan akhlak salah satunya adalah dukungan dari sekolah untuk mewujudkan siswa yang memiliki karakter yang kuat. Kata Kunci : Kurikulum, Berkarakter, Pembentukan Akhlak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kurikulum, Berkarakter, Pembentukan Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ridwan Fauzi
Date Deposited: 30 Oct 2015 01:08
Last Modified: 30 Oct 2015 01:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38014

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item