PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN, SEGMENTASI PASAR DAN MODAL USAHA TERHADAP LABA USAHA INDUSTRI KERAJINAN MEUBEL DI SAMBI BOYOLALI

ISNAINI , ENI NUR (2009) PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN, SEGMENTASI PASAR DAN MODAL USAHA TERHADAP LABA USAHA INDUSTRI KERAJINAN MEUBEL DI SAMBI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF
A210050019.pdf

Download (86kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh perilaku kewirausahaan, segmentasi pasar dan modal usaha baik secara individu maupun secara bersama - sama terhadap laba usaha. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesis melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kec. Sambi Kab. Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha industri kerajinan meubel di Sambi Boyolali yang berjumlah 40 orang. Seluruh populasi di jadikan sampel penelitian. Data diperoleh melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Angket diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kewirausahaan, segmentasi pasar dan modal usaha berpengaruh terhadap laba usaha. Hal ini dapat dilihat dari persamaan hasil regresi sebagai berikut: Y = -14.000.000 + 301737,2X1 + 117318,9X2 + 0,264X3. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar = 0,631 yang menunjukkan bahwa variabel perilaku kewirausahaan, segmentasi pasar dan modal usaha berpengaruh terhadap laba usaha sebesar 63,1%, sedangkan 36,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini yang tidak diteliti, misalnya pengalaman kerja. Kemudian hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa: (1) Perilaku kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap laba usaha. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 1,243 ditolak pada taraf signifikansi 5%; (2) Segmentasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap laba usaha. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 0,324 ditolak pada taraf signifikansi 5%; (3) Modal usaha berpengaruh signifikan terhadap laba usaha. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X3 = 7,061 diterima pada taraf signifikan 5%: (4) Perilaku kewirausahaan, segmentasi pasar dan modal usaha secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap laba usaha. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 20,519 diterima pada taraf signifikansi 5%. Perhitungan sumbangan relatif menunjukkan bahwa variabel perilaku kewirausahaan memberikan sumbangan relatif sebesar 3,88% dan sumbangan efektifnya 2,45%. Hasil perhitungan untuk variabel segmentasi pasar diperoleh sumbangan relatif sebesar 1,83% dan sumbangan efektifnya sebesar 1,16%. Sedangkan untuk variabel modal usaha diperoleh sumbangan relatif sebesar 94,29% dan sumbangan efektifnya sebesar 59,50%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perilaku kewirausahaan, segmentasi pasar, modal usaha, laba usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 02:33
Last Modified: 02 Jan 2012 07:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item