Prarancangan Pabrik Bioetanol Dari Jerami Padi Dengan Proses Hidrolisis Dan Fermentasi Kapasitas 64.000 Kilo Liter/Tahun

Novitasari, Vera Nika and , Dr. Achmad M. Fuadi, M.T. and , Tri Widayatno,S.T., MS.c., Ph.D. (2015) Prarancangan Pabrik Bioetanol Dari Jerami Padi Dengan Proses Hidrolisis Dan Fermentasi Kapasitas 64.000 Kilo Liter/Tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
halaman depan selesai.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (bab 1)
BAB I perancangan pabrik.pdf

Download (358kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB II perancangan pabrik selesai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 3)
BAB III SPEAK ALAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 4)
BAB IV UTILITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 5)
BAB V MANAJEMEN PERUSAHAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (bab 6)
BAB VI ANALISA EKONOMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA fiks.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (lampiran)
PERANCANGAN REAKTOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI PERPUS selesai.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (surat pernyataan publikasi)
surat pernyataan publikasi ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pabrik ini menggunakan jerami padi sebagai bahan baku. Emisi karbon dari bahan bakar alternatif ini yaitu lebih rendah daripada premium sehingga lebih ramah lingkungan. Bioetanol dapat digunakan sebagai bahan baku industri turunan alkohol, bahan dasar industri farmasi, campuran bahan bakar untuk kendaraan dan lain-lain. Bioetanol yang dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar untuk kendaraan harus betul-betul kering dan anhydrous supaya tidak korosif, sehingga etanol/bioetanol harus mempunyai grade sebesar 99,5-100%-vol. Produksi jerami padi di Jawa Timur berkisar antara 10 juta ton pertahun. Dengan jumlah yang cukup besar tersebut, jerami padi yang merupakan limbah sisa saat padi dipanen, dapat menjadi salah satu alternatif bahan baku bioetanol yang cukup bagus di Indonesia. Bioetanol dapat diperoleh melalui proses fermentasi yang melibatkan mikroorganisme. Mikroorganisme yang digunakan adalah Trichordema Reesei yang menghasilkan enzim selulase yang dapat memecah selulosa. Digunakan juga Zymomonas Mobilis yang dapat mengkorversi glukosa menjadi bioetanol. Sebelum proses fermentasi, umpan berupa jerami padi dimasukkan ke dalam tangki hidrolisis untuk memecah lignin. Proses yang dipilih adalah hidrolisis enzim. Setelah proses hidrolisis, masuk ke dalam proses fermentasi. Setelah kurun waktu tertentu dan proses fermentasi selesai, dilanjutkan dengan proses distilasi yang kemudian menuju proses adsorbsi menggunakan molecular sieve sehingga diperoleh bioetanol dengan kadar 99,5%. Proses pembuatan bioetanol ini berlangsung selama 24 jam/hari, selama 330 hari/tahun dengan perencanaan sebagai berikut:  Kapasitas produksi : 64.000 kL/tahun  Bahan baku jerami padi : 4.077.921,29 ton/tahun Pabrik bioetanol ini akan didirikan pada tahun 2018 di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Karena berdekatan dengan bahan baku, dan adanya kemudahan dalam memenuhi kebutuhan air. Dari segi analisa ekonomi diperoleh hasil-hasil sebagai berikut :  Modal Tetap (FCI) : Rp. 100.517.092.113,88  Modal Kerja (WCI) : Rp. 17.738.310.373,04  Total Investasi (TCI) : Rp. 118.255.402.486,91  Internal Rate of Return : 62,84 %  Pay Out Time : 1,37 tahun  BEP : 42,32 % Dari uraian di atas, secara teknis dan ekonomis, pabrik ini layak untuk didirikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bioetanol, zimmomonas mobilis, jerami padi
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia
Depositing User: Vera Nika Novitasari
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:52
Last Modified: 01 Aug 2016 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37864

Actions (login required)

View Item View Item