PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDY KASUS PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN YATIM PIATU MUHAMMADIYAH KLATEN)

Rifai, Nuqman (2015) PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN (STUDY KASUS PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN YATIM PIATU MUHAMMADIYAH KLATEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (788kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Panti asuhan adalah tempat tinggal anak-anak yatim, kemudian yatim piatu, anak terlantar, dan orang yang tidak mampu dari segi ekonomi. Bagi remaja yang harus tinggal di dalam panti asuhan, lingkungan panti asuhan adalah lingkungan sosial yang utama dalam penyesuaian diri dengan lingkunganya, maka apabila mereka tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkunganya, maka remaja panti akan memiliki sikap yang negative, akan tetapi sebaliknya jika remaja panti asuhan memiliki penyesuian diri yang baik, maka remaja panti akan memiliki sikap yang positife. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penyesuaian diri remaja yang tinggal di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah remaja yang tinggal di panti asuhan, berjumlah enam orang dengan rentang usia 12-21 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Remaja Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten secara garis besar memiliki penyesuaian diri yang baik, walau pada awalnya remaja panti asuhan mengalami perasaan takut dan cemas ketika pertama kali berada di dalam panti asuhan akan tetapi remaja panti asuhan mengatasi hal tersebut dengan mengikuti segala bentuk aktivitas dan kegiatan yang berlangsung secara bersama-sama dan pada akhirnya remaja panti asuhan dapat menyesuaikan diri dengan baik serta menerima keadaanya yang sekarang. Remaja panti asuhan muhammadiyah klaten mampu mengatasi sebuah masalah dengan tenang dan dapat menyelesaikanya dengan musyawarah secara bersama-sama. Faktor utama yang mempengaruhi penyesuaian diri remaja panti adalah lingkungan dan kondisi panti asuhan, seperti tidak ada kelompok senior maupun junior sehingga tidak menghambat proses penyesuaian diri remaja panti asuhan. Kemudian kendala yang dihadapi remaja panti asuhan adalah sikap pengasuh yang terkadang memiliki sifat yang sangat keras sehingga membuat remaja panti asuhan menjadi takut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Remaja
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Nuqman Rifai
Date Deposited: 16 Oct 2015 06:45
Last Modified: 16 Oct 2015 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37823

Actions (login required)

View Item View Item