Perancangan Sistem Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP) Pada Gedung Perawat Stikes Muhammadiyah Klaten

Fawzi, Dedy Iman and , Hasyim Asy’ari, ST.MT and , Agus Supardi, S.T., M.T (2015) Perancangan Sistem Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP) Pada Gedung Perawat Stikes Muhammadiyah Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (754kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB III (METODE PENELITIAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB IV (HASIL DAN PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB V (PENUTUP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Gedung perawat di STIKES Muhammadiyah Klaten merupakan sebuah gedung kuliah yang cukup besar. Gedung perawat di STIKES Muhammadiyah Klaten ini dilengkapi berbagai fasilitas dan desain interior yang bagus untuk kenyamanan bagi para mahasiswa/mahasiswi maupun karyawan tersebut. Agar kualitas pelayanan dan kenyamanan gedung bisa terjaga dengan baik dan maksimal, maka perlu adanya perancangan sesuai standard yang berlaku dan pemeliharaan serta pengaturan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang instalasi listrik pada gedung, kapasitas/kebutuhan AC ruang pada gedung dan hasil perancangan sistem plumbing. Dalam penelitian dibahas cara melakukan perancangan dan analisis, dimulai dari pengukuran gedung, perhitungan kebutuhan lampu dalam ruangan, besarnya daya listrik, luas serta diameter penghantar kabel yang digunakan, perhitungan kebutuhan/kapasitas ac dalam ruangan dan perhitungan kebutuhan/kapasitas pompa air yang dibutuhkan serta sistem pemipaan. Setelah itu digambar diagram perancangan mekanikal elektrikal plumbing (MEP) menggunakan AutoCAD 2010 dan dihitung rencana anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan. Hasil perancangan menunjukkan bahwa, daya listrik yang dibutuhkan untuk gedung perawat di STIKES Muhammadiyah Klaten adalah sebesar 99.85 kVA dengan pengaman arus pada MCB pusat sebesar 200 A. Kapasitas daya genset yang dipakai sebesar 130 kVA. Dalam perhitungan perancangan tata udara daya/kapasitas AC dihasilkan rata-rata ruangan sebesar 1.5 PK, 2 PK dan 2.5 PK. Pemakaian air bersih rata-rata di gedung ini sebesar 8.89/jam, kapasitas head pompa 27.6 m, dengan kapasitas tangki air sebesar 7480 liter. Kebutuhan biaya mekanikal elektrikal plumbing (MEP) sebesar Rp. 527.042.003,00.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instalasi listrik, Instalasi sistem tata udara, Instalasi sistem plumbing, AutoCAD 2010, Analisis daya, Biaya mekanikal elektrikal plumbing (MEP).
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:10
Last Modified: 12 Oct 2021 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37818

Actions (login required)

View Item View Item