MULTI LEVEL MARKETING (Studi Kasus Tentang Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk-Produk Yang Ditawarkan Melalui Sistem Multi Level Marketing Di Surakarta)

Nurinasari, Dian (2008) MULTI LEVEL MARKETING (Studi Kasus Tentang Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk-Produk Yang Ditawarkan Melalui Sistem Multi Level Marketing Di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
C100030252.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen terhadap produk-produk Multi Level Marketing yang dipasarkan di Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif, karena didalam penelitian ini bermaksud untuk memberikan data yang seteliti mungkin mengenai profil produk-produk MLM yang dipasarkan di Surakarta dan bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen produk-produk MLM yang dipasarkan di Surakarta. Data yang digunakan dalan penelitian ini adalah Data Sekunder dan Data Primer. Data sekunder diperoleh secara tidak langsung yaitu dari kepustakaan yang berupa sejumlah keterangan atau fakta yang bersumber dari buku-buku, dokumen-dokumen, laporan-laporan dan sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan Data Primer berupa keterangan dari pihak-pihak yang memahami berbagai data sekunder yang diteliti. Data primer ini berfungsi untuk menjelaskan arti dan maksud data sekunder.Metode yang digunakan adalah Studi Kepustakaan Metode ini merupakan alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mempelajari berbagai data sekunder yang ada kaitannya secara langsung maupun tidak langsung dengan obyek yang diteliti. Wawancara atau interview adalah metode pengumpulan data primer yang dilakukan dengan jalan mengadakan tanya jawab dengan pihak yang bersangkutan. Tipe wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan agar hasil wawancara sesuai dengan yang diteliti dan tidak menyimpang dari pokok masalah. Sedangkan analisis data secara normatif kualitatif yang dimulai dengan menginventarisasi peraturan perundang-undangan dan doktrin, kemudian data-data yang diperoleh akan didiskusikan dengan data yang diperoleh dari obyek yang diteliti sebagai satu kesatuan yang utuh sehingga pada tahap akhirnya dapat diketahui hukum in concreto-nya. Dari data-dat tersebut dapat disimpulkan bahwa Dari ketiga perusahaan MLM yang penulis teliti, yaitu Tianshi, Rich, dan CNI semuanya memberikan kesempatan kepada konsumennya untuk memperoleh penghasilan dari produk-produk yang ditawarkan dengan cara menjadi distributor indepandennya. Dengan telah memenuhi ketentuan tersebut berarti telah memenuhi ketentuan dalam Pasal 4 huruf d Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 73/MPP/Kep/3/2000 tentang Ketentuan Kegiatan Usaha Penjualan Berjenjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MLM (Multi Level Marketing), perlindungan hukum, konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2008 06:09
Last Modified: 18 Feb 2011 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item