EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009

SARI, RAHMI BUDI WIDYA (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 2 GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040028.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A420040028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran LSQ dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan keanekaragaman hayati pada siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang tahun ajaran 2008/2009. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Dan hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar dari segi kognitif siswa sebesar 82,18 dan rata-rata hasil belajar dari segi kognitif meningkat sebesar 97%. Dan rata-rata hasil belajar dari segi afektif siswa meningkat sebesar 61%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi LSQ dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Grabag Kabupaten Magelang tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran, strategi LSQ.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 28 Jul 2009 08:30
Last Modified: 25 Oct 2011 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item