HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MELAYANI PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH ”ROEMANI” SEMARANG

IRMAWATI, IRMAWATI (2009) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MELAYANI PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH ”ROEMANI” SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100970206.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
F100970206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)

Abstract

Persaingan yang ketat di berbagai bidang pekerjaan membuat manusia yang terlibat di dalamnya ingin memberikan yang terbaik bagi orang lain, terutama jika industri atau bidang kerja tersebut menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan masalah pelayanan. Rumah sakit sebagai salah satu bidang pekerjaan yang erat kaitannya dengan industri jasa, kini makin menampakan usaha keras untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku melayani pada perawat di rumah sakit. Hipotesis yang diajukan Ada hubungan positif antara konsep diri dengan perilaku melayani pada perawat. Subjek dalam penelitian ini adalah Perawat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Roemani Semarang yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive quota non random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dan skala perilaku melayani. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,510 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan perilaku melayani. Peranan atau sumbangan efektif konsep diri terhadap perilaku melayani sebesar 26% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (r2) sebesar 0,260. Hal ini berarti masih terdapat 74% faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku melayani di luar variabel konsep diri seperti kemampuan mengenal diri, kemampuan komunikasi yang baik, ketegasan, jujur dan mawas diri, respon, sikap, pengetahuan yang integrated. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rerata empirik konsep diri sebesar 116,060 dan rerata hipotetik sebesar 90, yang berarti subjek penelitian memiliki tingkat konsep diri yang tergolong tinggi. Rerata empirik perilaku melayani sebesar 107,840 dan rerata hipotetik sebesar 85, yang berarti perilaku melayani tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan perilaku melayani pada perawat di rumah sakit PKU Muhammadiyah ”Roemani” Semarang. Hal ini berarti variabel konsep diri dapat dijadikan sebagai prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan atau mengukur perilaku melayani. Dengan demikian, semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi perilaku melayani dan sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, pelayanan, perawat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 28 Jul 2009 08:25
Last Modified: 27 Oct 2011 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item