Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Tentang Higiene Dan Sanitasi Makanan Di Sekolah Dengan Kejadian Diare Siswa Sd Negeri Bonagung I Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen

Yutik Hidayati, Elysa and , Muwakhidah, SKM, M.Kes and , Susi Dyah Puspowati, SP., M.Si (2015) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Tentang Higiene Dan Sanitasi Makanan Di Sekolah Dengan Kejadian Diare Siswa Sd Negeri Bonagung I Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (334kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Pendahuluan : Diare sering terjadi pada anak usia sekolah dan balita dimana angka kejadian diare merupakan penyakit utama setelah flu rotavirus. Penyakit diare hingga saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Masalah utama penyebab diare adalah pengetahuan dan perilaku yang kurang tentang higienis dan sanitasi makanan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan peilaku tentang higiene dan sanitasi makanan dengan kejadian diare pada siswa kelas SD Negeri Bonagung I Sragen. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel adalah sebagian dari siswa kelas III, IV, dan V SD Negeri Bonagung I Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dan wawancara. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah uji Chi-Square. Hasil : Siswa yang tidak diare mempunyai pengetahuan higiene dan sanitasi baik sebanyak 22 siswa (91,7%) dan siswa yang mengalami diare cenderung mempunyai pengetahuan higiene dan sanitasi yang tidak baik sebanyak 15 siswa (78,9%) sedangkan kecenderungan siswa yang tidak diare mempunyai perilaku higiene dan sanitasi yang baik sebanyak 20 siswa (90,9%), dan siswa yang diare mempunyai perilaku higiene dan sanitasi tidak baik sebanyak 15 siswa (71,4%). Kesimpulan : Hasil uji Chi-Square test menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan tentang higiene dan sanitasi makanan dengan kejadian diare di SD Negeri Bonagun (pvalue= 0.000) dan juga terdapat hubungan antara perilaku tentang higiene dan sanitasi makanan dengan kejadian diare di SD Negeri Bonagung (pvalue= 0.000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, perilaku, diare, higiene dan sanitasi makanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Elysa Yutik Hidayati
Date Deposited: 12 Oct 2015 09:05
Last Modified: 06 Sep 2022 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37747

Actions (login required)

View Item View Item