Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Diskusi Dan Simposium Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Andikha, Parmadi (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Diskusi Dan Simposium Pada Materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (553kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Geografi merupakan mata pelajaran yang menekankan pemahaman dan hafalan, maka banyak peserta didik yang kurang berminat dalam mempelajarinya. Materi yang banyak perlu diberikan model pembelajaran yang sifatnya kooperatif, salah satunya model pembelajaran Strategi diskusi dan simposium. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi siswa SMA kelas XI IPS. Metode yang digunakan dengan mengambil sampel secara acak kemudian dibentuk menjadi kelas kontrol dan eksperimen. Kedua kelas diberi model pembelajaran yang berbeda untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif, setelah itu diberikan post test. Hasil dari postest kedua kelas kemudian diuji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Diskusi dan Simposium, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Andikha Parmadi
Date Deposited: 10 Oct 2015 04:39
Last Modified: 10 Oct 2015 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37726

Actions (login required)

View Item View Item