Septiani, Rizki Dewi and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2015) Kontribusi Lingkungan Pendidikan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH UBLIKASI.pdf Download (597kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (859kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pendidikan terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I. 3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pendidikan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I. Penelitian ini termasuk penelitian jenis penelitian asosiatif kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Tahun Angkatan 2012 / 2013 yang berjumlah 149 mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 101 mahasiswa. Data yang diperlukan, diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif dan Relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut : Y = 8.487+ 0.169X1 + 0.675X2 artinya ada pengaruh lingkungan pendidikan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Angkatan 2012 / 2013 Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2.015 > 1,954 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0, 05, yaitu 0,003. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b1X1 yaitu 0.169 yang berarti lingkungan pendidikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I. 2) Berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 7.946 > 1,66 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0, 05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b2X2 yaitu 0.675 yang berarti motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) Berdasarkan uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 61.869 > 4.92 dan nilai probabilitas signifikansi < 0, 05, yaitu 0,000, artinya lingkungan pendidikan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. 4) Berdasarkan dari hasil perhitungan Sumbangan Relatif (SR%) dan Sumbangan Efektif (SE%) bahwa variabel lingkungan pendidikan memberikan Sumbangan Relatif sebesar 40.5 % dan Sumbangan Efektif 20.9 %. Variabel motivasi belajar memberikan Sumbangan Relatif sebesar 59.5 % dan Sumbangan Efektif 30.7%. berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap prestasi belajar prestasi belajar Akuntansi Keuangan Lanjut I.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pendidikan, Motivasi Belajar , Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Rizki Dewi Septiani |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 06:38 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37695 |
Actions (login required)
View Item |