Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygien Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN Rembes 1 Dusun Watugimbal Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang

AULIA, Farah Ichityarinie and , Abi Mu hlisin, SKM., M. Kep. and , Kartinah A. Kep, S. Kep (2015) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygien Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa di SDN Rembes 1 Dusun Watugimbal Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] PDF (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

Personal hygiene pada anak adalah upaya dalam memelihara kebersihan dan kesehatan dalam dirinya untuk memperoleh kesehatan fisik dan bertujuan untuk mencegah dari timbulnya penyakit. Personal hygiene yang dimaksud meliputi kebersihan rambut, mata, telinga, hidung, mulut, kuku, genital dan penampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang personal hygiene terhadap pengetahuan dan sikap di SDN Rembes 1 dusun Watugimbal Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling didapatkan 48 responden yang terdiri dari 17 orang duduk di kelas 3, 18 orang duduk di keas 4 dan 13 siswa duduk di kelas 5. Hasil penelitian yang dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Guttman dan skala Likert dengan design penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan penelitian pre test dan post test One Group Design. Didapatkan hasil pada pengetahuan siswa post test dengan prosentase tinggi sebanyak 79,2%, sedang 20,8%, dan rendah 0,0% dan hasil yang didapat dari post test pada sikap siswa dengan prosentase 100% responden termasuk kedalam kategori baik. Ditinjau dari jenis kelamin, siswa perempuan merupakan responden yang paling banyak dengan prosentase 52,1%. Hasil analisis uji statistik diperoleh nilai Paired T-test dengan nilai p value sebesar 0,003 < 0,05. Ditinjau dari umur responden sebagian besar berumur 9 tahun dan ditinjau dari kelas responden terbanyak diambil dari kelas 5 yaitu 20 siswa (41,7%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap responden tentang personal hygiene mengalami perubahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Anak Sekolah Dasar, personal hygiene, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: FITRI ANDRIANI SETIANINGSIH
Date Deposited: 08 Jan 2016 06:33
Last Modified: 15 Nov 2017 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37681

Actions (login required)

View Item View Item