Kajian Efektifitas Penggunaan Pelican Crossing Bagi Penyeberang Jalan ( Studi Kasus Jl. Kolonel Sutarto Solo Jawa Tengah )

Wibowo, Panji Hari Mukti (2015) Kajian Efektifitas Penggunaan Pelican Crossing Bagi Penyeberang Jalan ( Studi Kasus Jl. Kolonel Sutarto Solo Jawa Tengah ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (498kB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan di Kota Surakarta dapat diketahui dari semakin meningkatnya volume pengguna kendaraan bermotor. Kebanyakan pengguna kendaraan bermotor terkadang mengabaikan hak para pengguna pejalan kaki. Untuk memfasilitasi serta menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pejalan kaki maka dibuatlah fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki yakni pelican crossing. Meskipun ada fasilitas, akan tetapi masih ada sebagian pejalan kaki yang tidak menggunakannya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui volume, kecepatan, kepadatan pejalan kaki, spot speed, flow rate kendaraan dan efektifitas penggunaan pelican crossing yang melintasi ruas Jl. Kolonel Sutarto. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer berupa jawaban responden dari kuisioner, volume pejalan kaki, traffic flow recording, data geometrik dan lingkungan. Selain itu ada data sekunder yaitu peta lokasi penelitian dan data kelengkapan alam. Analisa pejalan kaki di sekitar pelican crossing yang ditinjau adalah volume (V), kecepatan (s), dan kepadatan (D) serta tingkat kepuasan akan penggunaan rambu pelican crossing bagi penyeberang jalan. Berdasarkan hasil analisa diketahui rata-rata volume pejalan kaki yang melintasi ruas jalan Jl. Kolonel Sutarto di pelican crossing dari arah Utara sebesar 17 orang, sedangkan dari Timur sebesar 14 orang. Selain itu diperoleh juga, kecepatan rata-rata pejalan kaki di pelican crossing sebesar 1,149 m/dt dengan arus 28,283 ped/menit/meter dan kepadatan 0,415 ped/m2. Berdasarkan analisa spot speed dan flow rate selama 2 hari, diketahui nilai spot speed rata-rata hari Sabtu tanggal 18 Januari 2014 dan Kamis tanggal 16 Januari 2014, di kedua arah hampir sama, yaitu kurang lebih sekitar 32 km/jam (31,64 - 32,99 km/jam). Hal ini berbeda untuk nilai flow rate yang sangat berbeda antara kedua arah tersebut, yaitu hari Sabtu Utara sebesar 1134,9 smp/jam, sedangkan Selatan hanya sebesar 840,875 smp/jam. Penggunaan pelican crossing masih termasuk dalam kategori efektif dilihat dari segi keamanan dengan nilai kepuasan pengguna 2,463 sampai 2,481. Berdasarkan kenyamanan juga termasuk dalam kategori efektif dengan nilai kepuasan pengguna 2,500 sampai 2,463. Efektifitas berdasarkan hambatan, termasuk dalam kategori efektif dengan nilai kepuasan pengguna 2,574 sampai 2,583. Efektifitas berdasarkan kesenangan, termasuk dalam kategori efektif dengan nilai kepuasan pengguna 2,515 sampai 2,621.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelican crossing, spot speed, flow rate
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Panji Hari Mukti Wibowo
Date Deposited: 09 Oct 2015 06:30
Last Modified: 09 Oct 2015 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37671

Actions (login required)

View Item View Item