STUDI PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MODEL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 5 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Afrozi, Muhammad Dwi (2009) STUDI PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MODEL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 5 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420030044.pdf

Download (56kB)
[img] PDF
A420030044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Pembelajaran biologi yang dilaksanakan dengan memanfaatkan media akan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran audio visual dan model ditinjau dari hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa siswa kelas VIII semester 2 SMP N 5 Purwodadi tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 40 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes sebelum eksperimen (pretest) dan sesudah eksperimen (post-test).. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (uji beda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran dengan media audio visual dan pembelajaran dengan media model pada siswa kelas VIII SMP N 5 Purwodadi Tahun Pelajaran 2008/2009. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung = 5,732 lebih besar dari ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti pembelajaran biologi dengan media audio visual lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran dengan media model. Dapat dilihat dari hasil belajar post-test pada kelompok pembelajaran audio visual yang mengalami peningkatan sebesar 1,440. Sedangkan hasil belajar biologi pada kelompok pembelajaran model hanya mengalami peningkatan sebesar 0,580. Kata kunci: pembelajaran biologi, media audio visual, media model, hasil belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 28 Jul 2009 07:58
Last Modified: 19 Nov 2019 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3762

Actions (login required)

View Item View Item