Analisa Arus Lalu-Lintas Menerus (Through Traffic) Di Kota Surakarta Dari Arah Tenggara

PURWANTO, TRI (2015) Analisa Arus Lalu-Lintas Menerus (Through Traffic) Di Kota Surakarta Dari Arah Tenggara. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Cover - Abstraksi.pdf

Download (724kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1 Pdf.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2 Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3 Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4 Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5 Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab 6 Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi (Artikel).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Surakarta merupakan salah satu kota besar di Propinsi Jawa Tengah dan sebagai daerah penghubung bagi kawasan hinterland-nya. Pergerakan menerus (through traffic) sebagai beban tambah bagi sistem jaringan dalam kota jika tidak tersedia jalan lingkar atau alternatif lain. Pola pergerakan yang akan terjadi pergerakan menerus (through traffic) dan pergerakan eksternal internal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume dan komposisi arus lalulintas, pola pergerakan dan prosentase pergerakan kendaraan dari arah Tenggara Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Minggu 10 Agustus 2014, berupa survai arus lalulintas di Jl. Ir Soekarno, Solo Baru, Sukoharjo. Tahap kedua dilaksanakan pada Minggu, 24 Agustus 2014 berupa survai asal tujuan kendaraan dengan metode wawancara secara random. Sampel terhadap responden selama 3 jam puncak dari 20% hasil penelitian tahap pertama. Berdasarkan analisa pembahasan dapat diketahui volume arus selama 12 jam sebanyak 27.049 kend (13.615,60 smp) dan selama 3 jam puncak 3.948,15 smp. Arus tersebut didominasi oleh sepeda motor (62,12%), mobil pribadi (31,74%) dan sisanya kendaraan lain. Lokasi asal pergerakan tercatat ada 11 daerah dengan mayoritas pergerakan berasal dari Sukoharjo 761 kendaraan (53,03%) dan Wonogiri 589 kendaraan (41,05%) selebihnya dari daerah lain (5,92%). Sedangkan lokasi tujuan pergerakan terdiri dari 26 daerah dengan jumlah terbanyak tujuan Kota Surakarta dengan jumlah 1099 kendaraan (76,59%).Selain itu, berdasarkan rute pergerakan kendaraan berat melalui Simpang Kerten: ada 26,74% pergerakan through traffic menuju ke Barat, 1,16% pergerakan through traffic ke Utara, 48,84% pergerakan eksternal-internal menuju ke Utara. Selain itu, 23,26% pergerakan eksternal-internal menuju Kota Surakarta tanpa melalui Simpang Kerten. Distribusi pergerakan yang terjadi adalah 23,41% through traffic dan 76,59% eksternal internal. Pergerakan through traffic untuk kendaraan ringan (LV) 13,24 %, sepeda motor (MC) 8,50% dan kendaraan berat (HV) 1,67%, sedangkan pergerakan eksternal-internal untuk kendaraan ringan 36,17%, sepeda motor 36,10% dan kendaraan berat 4,32%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arus Lalulintas, Through Traffic, Jenis Kendaraan, Asal Tujuan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:45
Last Modified: 02 Oct 2015 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37584

Actions (login required)

View Item View Item