Analisa Karakteristik Mekanis Dan Fisis Komposit Serat Batang Pisang Polyester Yang Disusun Simetri [-45/45/45/-45] Akibat Variasi Temperatur

Wijanarko, Anda wahyu and , Ir. Ngafwan, MT and , Muh. Alfatih Hendrawan, ST, MT (2015) Analisa Karakteristik Mekanis Dan Fisis Komposit Serat Batang Pisang Polyester Yang Disusun Simetri [-45/45/45/-45] Akibat Variasi Temperatur. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (732kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

Penelitian komposit serat batang pisang ini bertujuan untuk mendiskripsikan sifat fisis dan mekanis komposit serat batang pisang akibat perubahan temperatur dan mendiskripsikan foto makro komposit serat batang pisang setelah dilakukan pengujian tarik dan pengujian bending akibat perubahan temberatur. Proses awal pengelupasan dan pemotongan kulit batang pohon pisang dilanjutkan proses pengepresan dan perendaman pelepah batang pisang selama 1 bulan. Selanjutnya proses pemilahan serat helai demi helai menggunakan bantuan air bersih. Penjemuran dibawah sinar matahari sampai kering selanjutnya proses perendaman KMnO4 5% per 1 liter aquades selama 2 jam. Penjemuran dibawah sinar matahari sampai kering dilanjutkan proses oven hingga kadar air 10%. Pembuatan komposit dilakukan dengan metode Hand Lay-up, perbandingan serat 30%, orientasi serat [-45/ 45/ 45/ -45]. menggunakan resin polyester seri BQTN 157. Adapun proses pengujian yaitu pengujian tarik menggunakan standart ASTM D3039-07 dan pengujian bending menggunakan standart ASTM D7264-07 dengan variasi temperatur ruang dan temperatur ruang uji 35 C, 45 C, 55 C, serta mendriskripsikan kekuatan tarik dan foto makro komposit polyester serat batang pohon pisang akibat perubahan temperatur.Hasil pengujian tarik disimpulkan bahwa temperatur semakin tinggi kekuatan tarik akan turun, ini terbukti kekuatan tarik mengalami penurunan dari 23,608 N/mm2 menjadi 10,617 N/mm2. Dan hasil pengujian bending disimpulkan bahwa temperatur semakin tinggi kekuatan tarik akan semakin besar didapat kenaikan tegangan dari 0,192 N/mm2 menjadi 9,917 N/mm2 pada suhu 55 C. Pada hasil foto makro terlihat struktur patahan pada setiap spesimen komposit tidak beraturan dan bergelombang, hali ini disebabkan karena komposit mempunyai sifat liat. Jika temperatur uji semakin tinggi, void akan mengembang dan pull-out fiber sangat mendominasi maka kekuatan tarik akan menurun.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Serat pelepah batang pisang, Resin polyester, Komposit Laminasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Anda Wahyu Wijanarko
Date Deposited: 07 Oct 2015 03:31
Last Modified: 13 Oct 2021 01:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37561

Actions (login required)

View Item View Item