Pengelolaan Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusi) Lambat Belajar Di SDN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Aningsih, Anik and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Pengelolaan Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Inklusi) Lambat Belajar Di SDN 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Artikel Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (696kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Dalam lembaga pendidikan ada anak yang normal dan ada anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Perbedaan kondisi anak sebenarnya memerlukan pengelolaan yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui 1) Perencanaan pendidikan karakter di SDN 2 Sragen, 2) Pengorganisasian pendidikan karakter, 3) Pelaksanaan pendidikan karakter, 4) Evaluasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus di SDN 2 Sragen. Metode yang digunakan adalah deskreptif dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sragen. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan peneliti dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility ( validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), confermabilitas (obyektifitas). Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dengan mengadakan seleksi untuk mengetahui ABK, Penyususnan RPP untuk kelas regular dan PPI untuk kelas ABK. 2) Pengorganisasian pendidikan karakter berdasarkan jenis kelemahan/ kekurangan pada anak, adanya pembinaan dari guru kelas dan guru BP. 3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter ABK secara inklusif ( belajar bersama anak normal/ kelas regular) dan untuk ABK mendapat bimbingan dari guru khusus yang berpotensi (BP). Pembelajaran pendidikan karakter disampaikan melalui kegiatan sehari-hari, seperti penanaman kejujuran saat ulangan, disiplin waktu,tanggungjawab melaksanakan tugas, dan kebersamaan untuk menjaga kerukunan. 4) Evaluasi pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui observasi (pengamatan) dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Fungsi evaluasi untuk mengetahui apakah selama mengikuti pembelajaran karakter anak mengalami perubahan atau tidak.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Anik Aningsih
Date Deposited: 12 Oct 2015 02:57
Last Modified: 12 Oct 2021 12:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37505

Actions (login required)

View Item View Item