Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta )

Andarwanto, Andri and , Dr. Noer Sasongko, SE, M.Si,Ak (2015) Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas Dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kualitas Audit ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta ). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (897kB)
[img] PDF (Bab I)
04.BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01.SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepercayaan yang besar para pemakai laporan keuangan auditan dan jasalainnya yang diberikan oleh akuntan publik mengharuskan akuntan public memperhatikan kualitas audit yang dihasilkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi, independensi, akuntabilitas dan profesionalisme terhadap kualitas audit. Kualitas audit adalah kemungkinan (joint probability) di mana seorang auditor akan menemukan dan melaporkan pelanggaran yang ada dalam sistem akuntansi kliennya. Kemungkinan auditor akan menemukan salah saji tergantung pada kualitas pemahaman auditor (kompetensi), setelah itu tindakan melaporkan salah saji tergantung pada independensi auditor. Kualitas audit yang tinggi akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan (akuntabilitas) sebagai dasar pengambilan keputusan. Selain itu, seorang auditor wajib mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku dan harus menghindari semua tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi, hal ini berkaitan dengan prinsip perilaku profesional seorang auditor. Objek penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari pengisian kuesioner dengan jumlah data sebanyak 39 orang responden dari 7 Kantor Akuntan Publik. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan independensi dan profesionalisme berpengaruh secara statistik signifikan terhadap kualitas audit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas, Profesionalisme, Kualitas Audit.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:37
Last Modified: 16 Sep 2016 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37502

Actions (login required)

View Item View Item