Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pendayagunaan Zakat Berdasarkan UU No 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Di Lembaga Pendayagunaan Zakat Cabang Magetan)

Winata, Jetta Putra Ardhi (2015) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pendayagunaan Zakat Berdasarkan UU No 38 Tahun 1999 Tentang Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Di Lembaga Pendayagunaan Zakat Cabang Magetan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (828kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (427kB)

Abstract

Pengertian zakat menurut Pasal 38 Tahun 1999 merupakan kata dasar dari (masdar) dari kata (zakaa) yang berarti berkah, tumbuh, bersih dan baik. Menurut lisan Al-Arab, arti dasar dari kata zakat adalah tumbuh, berkah dan terpuji. Zakat adalah ibadah maaliyyahijtima’iyyah. yang memiliki posisi sangat penting, strategis, dan menentukan baik dilihat dari sisi ajaran Islam. Sedangkan golongan yang berhak menerima zakat adalah fakir, miskin, amil zakat, muallaf, budak, gharim, fiisabillilah, ibnu sabil. Sedangkan yang tidak mendapatkan zakat yaitu orang kaya, orang yang mampu bekerja, orang kafir atau non islam, orang tua, keluarga Nabi Muhammad Saw. Didalam memperoleh zakat Lembaga Zakat Cabang Magetan memperolehnya dari Donatur terbagi menjadi dua yaitu Donatur Perorangan (retail) adalah Donatur yang mana muzakki memberikan dana tersebut secara langsung kepada lembaga untuk kemudian lembaga memberikan kepada para mustahik. Donatur Perusahaan (corporatie) adalah Donatur yang berasal dari perusahaan atau instansi/lembaga baik yang diperoleh dari hasil kerjasama program atau rekruitment marketing seperti BUMN, BUMD seperti PDAM dan Lembaga Pendidikan Sma dan Smp. Kata Kunci : Zakat, Donatur zakat, Golongan penerima zakat dan golongan yang tidak menerima zakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Donatur zakat, Golongan penerima zakat dan golongan yang tidak menerima zakat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 16 Sep 2015 11:41
Last Modified: 16 Sep 2015 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37452

Actions (login required)

View Item View Item