Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012

RAHMANINGTYAS, HARDIANIKA and , Dr. Suyatmini, M.Si (2015) Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (503kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2012 Hardianika R. A210011056. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga atau orang tua terhadap motivasi belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar. 3) Untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 yang berjumlah 154 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak adalah 105 mahasiswa dengan simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,026+ 0, 547 X1 + 0, 356 X2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan pergaulan teman sebaya. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,562 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 32,9%. 2) “ Ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,242 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 17,9%. 3) “ Ada pengaruh dukungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 52,675 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,508 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh dukungan keluarga dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap m motivasi belajar mahasiswa adalah sebesar 50,8%, sedangkan 49,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: dukungan keluarga, pergaulan teman sebaya, dan motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, pergaulan teman sebaya, dan motivasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Hardianika Rahmaningtyas
Date Deposited: 16 Sep 2015 06:37
Last Modified: 12 Oct 2021 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37429

Actions (login required)

View Item View Item