Penyelesaian Kredit Macet Pada Perjanjian Kredit Dengan Jaminan hak Tanggungan Berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 (Studi Kasus di PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo)

Wulandari, Indah Triwiningsih and , Septarina Budiwati, S.H, M.H. and , Wardah Yuspin, S.H., M.Kn.,Ph.D (2015) Penyelesaian Kredit Macet Pada Perjanjian Kredit Dengan Jaminan hak Tanggungan Berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1996 (Studi Kasus di PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo). Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (639kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan, cara penyelesaian apabila terdapat kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan, dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan di PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris, sedangkan metode pengumpulan data dengan wawancara sebagai data primer dan undang-undang, buku-buku ilmiah, makalah-makalah, artikel sebagai data sekunder. Adapun deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan pada permohonan kredit yang telah diterima akan dilakukan analisa dan evaluasi kredit oleh tim yang telah dibentuk, apakah ditolak atau diterima berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan penyelesaian apabila terdapat kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan dengan cara rescheduling, reconditioning dan restructuring dan apabila gagal melalui surat peringatan dan surat somasi, kemudian penyelesaian kredit macet dengan parate eksekusi melalui penjualan obyek jaminan dengan cara di bawah tangan. Adapun faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan penyelesaian kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan adalah pelaksanaan eksekusi hak tanggungan tidak dapat berjalan efektif, gangguan dan faktor biaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perjanjian kredit, kredit macet, jaminan hak tanggungan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Indah Triwiningsih Wulandari
Date Deposited: 16 Sep 2015 05:05
Last Modified: 12 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37365

Actions (login required)

View Item View Item