Tinjauan Yuridis Terhadap Peralihan Hak Atas Tanah Karena Jual Beli Dengan Lelang Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Di Surakarta (Studi Pada Kutipan Risalah Lelang No. 532 Tahun 2014 di Kantor Pertanahan Kota Surakarta)

MAHARDHIKA, SHINTA (2015) Tinjauan Yuridis Terhadap Peralihan Hak Atas Tanah Karena Jual Beli Dengan Lelang Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Di Surakarta (Studi Pada Kutipan Risalah Lelang No. 532 Tahun 2014 di Kantor Pertanahan Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (547kB)

Abstract

Tanah memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat sebagai tempat pembangunan dan juga tempat mata pencaharian masyarakat. Di dalam peralihan hak atas tanah khususnya jual beli dengan lelang maka haruslah dilakukan pendaftaran tanah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 yang bertujuan untuk menjamin kepastian hukum. Penulisan hukum ini termasuk dalam jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui studi dokumen (Library Research), baik buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan wawancara (interview) kepada responden yang terkait. Analisis Data menggunakan teknik analisis interaktif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dan Pembahasan yaitu, Pertama, Pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah karena jual beli dengan lelang yang terdiri dari tahap-tahap pendaftaran peralihan hak atas tanah karena jual beli dengan lelang meliputi pengecekan atau pencocokan sertifikat jaminan lelang dengan buku tanah, roya atau penghapusan hak tanggungan yang melekat dan pendaftaran peralihan hak atas tanah tersebut dengan adanya Risalah Lelang.Kedua,Adanya kepastian hukum bagi pemenang lelang dalam melaksanakan pendaftaran peralihan hak atas tanahnya di Kantor Pertanahan Kota Surakarta. Jaminan tersebut meliputi kepastian hukum subyek dan obyek kepemilikan hak atas tanah serta jaminan kepastian peralihan hak atas tanah ke atas nama pemenang lelang. Kata Kunci: Peralihan Hak Atas Tanah, Lelang, Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah, Kepastian Hukum, Kantor Pertanahan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peralihan Hak Atas Tanah, Lelang, Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah, Kepastian Hukum, Kantor Pertanahan Surakarta
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 07 Sep 2015 11:47
Last Modified: 07 Sep 2015 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37349

Actions (login required)

View Item View Item