Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Motivasi Berwirausaha Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Siswa Kelas Xi Program Keahlian Karawitan Dan Seni Tari Smk Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Sampurna, Angen Adhy and , Prof. Dr. Harsono, SU (2015) Minat Berwirausaha Ditinjau Dari Motivasi Berwirausaha Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Pada Siswa Kelas Xi Program Keahlian Karawitan Dan Seni Tari Smk Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (864kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pengaruh motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian karawitan dan seni tari SMK Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. 2). Pengaruh prestasi hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian karawitan dan seni tari SMK Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. 3). Pengaruh motivasi berwirausaha dan prestasi hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian karawitan dan seni tari SMK Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik.Penelitian ini mengambil lokasi SMK NEGERI 8 SURAKARTA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumen dan angket yang telah diuji coba dengan uji normalitas, uji reliabilitas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari analisis regresi diperoleh persamaan regresi; Y = 20,500+ 0,196X1 + 0,108X2, yang artinya minat berwirausaha dipengaruhi oleh motivasi berwirausaha dan prestasi belajar kewirausahaan, berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1). Motivasi berwirausaha berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thitung > ttabel, yaitu 3.447 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2). Prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui t hitung > ttabel , yaitu 3,007 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003. 3). Motivasi berwirausaha dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji F) diketahui F hitung > Ftabel yaitu 14,858 > 3,07 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Variabel motivasi berwirausaha memberikan sumbangan efektif 12,0 %. Variabel prestasi belajar kewirausahaan memberikan sumbangan efektif 9,7%. Sehinggan total sumbangan keduanya sebesar 21,7% sedangkan 78,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BERWIRAUSAHA, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Angen Adhi Sampurna
Date Deposited: 02 Sep 2015 05:02
Last Modified: 12 Oct 2021 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37318

Actions (login required)

View Item View Item