Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013

Paraswati, Savina (2015) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (28kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mekenisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan dan investor memberikan gambaran mengenai pengaruh mekanisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan yang go publik di Indonesia, sehingga dapat membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang tepat. Mekanisme corporate governance diukur menggunakan tiga variabel yaitu konsentrasi kepemilikan, komposisi komisaris independen dan komposisi komite audit.ukuran perusahaan dihitung dengan logaritma natural dari total asset. Manajemen laba dihitung dengan discretionary accruals menggunakan model jones yang dimodifikasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada tahun 2013. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 33 perusahaan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk menguji pengaruh mekenisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Hasil penelitian ini menunjukan konsentrasi kepemilikan dan komposisi komisaros independen berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan komposisi komite audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, corporate governance, ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 01 Sep 2015 05:41
Last Modified: 01 Sep 2015 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37281

Actions (login required)

View Item View Item