PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU DI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA SE KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

Umiyati, Umiyati (2009) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU DI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA SE KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF
A210050006.pdf

Download (74kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap semangat kerja guru; (2) Pengaruh fasilitas sekolah terhadap semangat kerja guru; (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas sekolah terhadap semangat kerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SLTP se-Kecamatan Pringapus yang berjumlah 80 guru. Sampel diambil sebanyak 65 guru, sedangkan sisanya digunakan sebagai sampel try out. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,080 + 0,301.X1 + 1,328.X¬2. yang artinya semangat kerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas sekolah. Besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas sekolah terhadap semangat kerja guru adalah sebesar 58,8%, sedangkan 41,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya motivasi, lingkungan, dan tunjangan guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap semangat kerja guru di SLTP se Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 3,399 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin tinggi semangat kerja guru. (2) Fasilitas sekolah berpengaruh positif terhadap semangat kerja guru di SLTP se Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 5,641 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya semakin lengkap fasilitas sekolah, maka semakin tinggi semangat kerja guru. (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan fasilitas sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap semangat kerja guru. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 44,316 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 20%, sedangkan variabel fasilitas sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 38,8%, terhadap semangat kerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, fasilitas sekolah, semangat kerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Jul 2009 02:19
Last Modified: 16 Nov 2010 11:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item