Determinasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Dewan Pada Keuangan Daerah (Apbd) (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Wonogiri)

Astuti, Atik and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si (2015) Determinasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dengan Pengawasan Dewan Pada Keuangan Daerah (Apbd) (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, dan transparansi kebijakan publik terhadap pengetahuan dewan tentang anggaran dengan pengawasan dewan pada keuangan daerah pada DPRD Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota dewan yang bekerja di DPRD Kabupaten Wonogiri. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden. Metode pengumpulan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi R2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengawasan dewan pada keuangan daerah, hal ini ditunjukkan oleh nilai p sebesar 0,000 sehingga H1 diterima dengan taraf signifikansi (p < 0,05). Interaksi antara komitmen organisasi,akuntabilitas, dan transparansi kebijakan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengawasan dewan pada keuangan daerah, karena memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Sedangkan interaksi antara partisipasi masyarakat berpengaruh tidak signifikan terhadap pengawasan dewan pada keuangan daerah karena memiliki nilai signifikansi lebih besar dari 0,05

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, Akuntabilitas,Partisipasi,Pengetahuan dewan,dan Pengawasan Keuangan Daerah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:38
Last Modified: 21 Sep 2016 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37150

Actions (login required)

View Item View Item