Analisis Pengaruh Financing To Deposits Ratio (Fdr) Dan Loan To Assets Ratio (Lar) Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2009-2013)

Anggraini, Mei and , Imron Rosyadi, S.E., M.Si. (2015) Analisis Pengaruh Financing To Deposits Ratio (Fdr) Dan Loan To Assets Ratio (Lar) Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2009-2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (633kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Suatu lembaga keuangan khususnya perbankan Syariah, mempunyai peranan dalam mencapai profitabilitas diantaranya pengendalian dan pengawasan melalui pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris tentang pengaruh Financing to Deposits Ratio (FDR) dan Loan to Assets Ratio (LAR) terhadap Return on Assets (ROA) perbankan Syariah di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) meliputi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. (BMI), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI) selama periode triwulan I tahun 2009 sampai triwulan IV tahun 2013. Sumber data diperoleh secara sekunder dari hasil publikasi laporan keuangan masing-masing bank Syariah dan laporan statistik Bank Indonesia (BI). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program SPSS versi 17. Variabel yang digunakan yaitu Financing to Deposits Ratio (FDR) dan Loan to Assets Ratio (LAR) sebagai variabel independen serta Return on Assets (ROA) sebagai variabel dependen. Hasil penelitian diketahui Financing to Deposits Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan t hitung -2,421 dan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Loan to Assets Ratio (LAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan t hitung 2,589 dan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Sedangkan secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) karena f hitung > f tabel yaitu (3,626 > 3,15) dan tingkat signifikan 0,033 < 0,05. Variabel independen yang berpengaruh secara dominan terhadap Return on Assets (ROA) adalah Loan to Assets Ratio (LAR) sebesar 0,483.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposits Ratio (FDR), Loan to Assets Ratio (LAR), dan Return on Assets (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:36
Last Modified: 09 Oct 2021 12:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37139

Actions (login required)

View Item View Item