Analisis Celebrity Endorser, Brand Image Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Merek Yamaha Di Surakarta

Aini, Istiqomah Nur (2015) Analisis Celebrity Endorser, Brand Image Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Merek Yamaha Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh celebrity endrser dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha di Surakarta dan juga untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Surakarta yang menggunakan Yamaha. Jumlah sampel yang diambil 150 responden. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari pengisian angket atau kuisioner dari pengguna sepeda motor Yamaha di Surakarta. Teknis analisa data yang digunakan adalah dengan uji instrument, uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t statistik, uji f dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian menunjukkan responden laki-laki yang menggunakan Yamaha sebesar 56% dan responden perempuan sebesar 44% dengan umur rata-rata 17-25 tahun yaitu 92,7% dan besar pendapat atau uang saku perbulan dibawah 1 juta sebesar 65,3% dan 1-<2 juta sebesar 22,7%. Berdasarkan hasil penelitian pada uji instrument dinyatakan valid karena nilai-nilai dari variabel-variabel diatas dari r tabel (rtabel = 0,159), dan kuisioner dinyatakan reliabel karena nilai variabel-variabel diatas 0,6. Dari hasil uji asumsi klasik, variabel-variabel berdistrisbusi normal, tidak terjadi heteroskedasitas dan tidak ada multikolinearitas. Perhitungan analisis berganda menunjukkan persamaan Y = 4,198 + 0,281X1 + 0,590X2 + e. Dari hasil uji t hitung menunjukkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha di Surakarta dengan perolehan thitung = 5,235 dan ttabel = 1,98 (thitung> ttabel) dan untuk brand image juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha di Surakarta dengan thitung = 9,648 dan ttabel = 1,98 (thitung> ttabel). Untuk hasil uji f menunjukkan celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha di Surakarta dengan hasil perhitungan menunjukkan Fhitung = 109,920 dan Ftabel = 3,06 (Fhitung > Ftabel). Hasil uji koefisien determinasi hasil perhitungan diperoleh 59,9% keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha dapat dijelaskan oleh variabel celebrity endorser dan brand image dan sisanya 40,1% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Variabel yang paling dominan pada keputusan pembelian konsumen sepeda motor merek Yamaha di Surakarta adalah variabel brand image.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: celebrity endorser, brand image, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:27
Last Modified: 19 Aug 2015 07:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37137

Actions (login required)

View Item View Item