Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Islam Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015

Huda, Miftakhul and , Drs. Djumali, M.Pd (2015) Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Al-Islam Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (292kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (624kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa. 2) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa. 3) mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Al-Islam Kalijambe angkatan 2014/2015 yang berjumlah 143 siswa dengan sampel diambil sebanyak 100 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 6,018 + 0,489X1 + 0,431X2. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Gaya mengajar guru berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 3,592 >1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif 17,3%. 2) Lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,515 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif 9,4%. 3) Gaya mengajar guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 17,636 >3,07 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,267 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh gaya mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap aktivitas belajar siswa adalah sebesar 26,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: gaya mengajar guru, lingkungan sekolah dan aktivitas belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar guru, lingkungan sekolah dan aktivitas belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: miftakhul huda
Date Deposited: 18 Aug 2015 01:40
Last Modified: 12 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37124

Actions (login required)

View Item View Item