Penerapan Metode Multivariate Discriminant Analisis Untuk Menilai Tingkat Kebangkrutan Perusahaan (Studi empiris pada perusahaan Food and Beverage yang Listed di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012 )

MAGHFIROH, ZIDNI (2015) Penerapan Metode Multivariate Discriminant Analisis Untuk Menilai Tingkat Kebangkrutan Perusahaan (Studi empiris pada perusahaan Food and Beverage yang Listed di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Sektor industry Food and Beverage merupakan salah satu sector usaha yang terus mengalami pertumbuhan. Seiring meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia, volume kebutuhan terhadap Food and Beverage pun terus meningkat. Kecenderungman masyarakat Indonesia untuk menikmati makanan Ready to eat menyebabkan banyak bermunculan perusahaan perusahaan baru dibidang makanan dan minuman. Oleh karena itu persaingan antar perusahaan pun semakin kuat. Dengan persaingan yang semakin kuat ini menuntut perusahaan untuk memperkuat fundamental agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan perusahaan lain yang sejenis. Ketika suatu perusahaan tidak mampu bersaing dengan perusahaan global akan mengakibatkan penurunan volume perusahaan sehingga perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana prediksi potensi kebangkrutan perusahhan Food and Beverage dengan menggunakan model analisis Multivariate Alman Zscore. Tingkat kemampuan perusahaan dalam bersaing sangat ditentukan oleh kinerja dari perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang tidak mampu bersaing untuk mempertahankan kinerjanya lambat laun akan tersungkur dengan perusahaan lain. Agar dapat meningkatkan kinerja sebuah perusahaan secara umum perusahaan harus mengukur tingkat kesehatan usahanya. Salah satu alat analisis untuk mengukur tingkat kesehatan sebuah perusahaan adalah dengan Analis Altman Zscore, dari analisis Altman terdapat dua alat analisis, salah satunya adalah model Multivariate Analysis dengan alat analisis ini dapat diketahui apakan perusahaan tersebut dalam keadaan sehat atau tidak sehat. Alat ini berguna untuk melihat tingkat kebangkrutan suatu perusahaan. Model Altman dalam penelitian ini terdapat 4 rasio, terdiri dari : Net Working Capital to total asset, retained earning to total asset, earning before interest and tax to total asset, sales to total asset. Populasi dalam penelitian ini adalah perusaahn Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2012. Kesimpulan penelitian ini adalah selama kurun waktu lima tahun terakhir terdapat beberapa perusahaan yang dalam keadaan sehat, selain itu terdapat pula perusahaan yang dalam kondisi tidak sehat. Adapula perusahaan dalam konsidi Gray Area atau dapat bangkrut dan dapat tidak mengalami kebangkrutan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Laporan Keuangan, Analisis Zscore, Prediksi Kebangkrutan, Multivariate Analysis, Perusahaan Food and Beverage
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 13 Aug 2015 07:32
Last Modified: 13 Aug 2015 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37064

Actions (login required)

View Item View Item