Tinjauan Yuridis Asuransi Pengiriman Barang (Studi di PT.Pos Surakarta)

Murwanto, Arif and , Shalman Al- Farizy, S.H., M.Kn. and , Inayah, S.H., M.Hum. (2015) Tinjauan Yuridis Asuransi Pengiriman Barang (Studi di PT.Pos Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (408kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, hubungan hukum para pihak dalam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Surakarta; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surakarta terhadap pengiriman barang berasuransi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif untuk menemukan berhasil tidaknya pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pengiriman barang berasuransi yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia khususnya Cabang Surakarta. Sumber data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Hubungan hukum para pihak dalam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surakarta adalah bertindak sebagai perusahaan asuransi karena sudah mengcover perlindungan dan penjaminan atas paket barang. Sedangkan untuk pengiriman laut dan udara PT. Pos mengadakan kerja sama dengan perusahaan asuransi yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Hak dan Kewajiban Pengirim Paket adalah membayar biaya dan hak berupa paket dapat terkirim dan dapat diterima tepat waktu. Hak dan Kewajiban PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta ada;aj menerima pembayaran biaya pengiriman dan wajib mengantarkan kiriman/objek perjanjian sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia cabang Surakarta dimulai saat barang diterima oleh pegawai kantor Pos hingga diantar sesuai dengan alamat yang dituju. Terlambatnya paket pos sampai ke tempat tujuan, rusak ataupun hilangnya paket pos yang dikirimkan merupakan wanprestasi sehingga pihak pos dapat dituntut untuk memberikan ganti kerugian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengiriman barang berasuransi, hubungan hukum, tanggung jawab
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Arif Murwanto
Date Deposited: 13 Aug 2015 02:34
Last Modified: 12 Oct 2021 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37034

Actions (login required)

View Item View Item