Murwanto, Arif and , Shalman Al- Farizy, S.H., M.Kn. and , Inayah, S.H., M.Hum. (2015) Tinjauan Yuridis Asuransi Pengiriman Barang (Studi di PT.Pos Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (408kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (125kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, hubungan hukum para pihak dalam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Surakarta; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surakarta terhadap pengiriman barang berasuransi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif untuk menemukan berhasil tidaknya pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pengiriman barang berasuransi yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia khususnya Cabang Surakarta. Sumber data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Hubungan hukum para pihak dalam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Surakarta adalah bertindak sebagai perusahaan asuransi karena sudah mengcover perlindungan dan penjaminan atas paket barang. Sedangkan untuk pengiriman laut dan udara PT. Pos mengadakan kerja sama dengan perusahaan asuransi yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Hak dan Kewajiban Pengirim Paket adalah membayar biaya dan hak berupa paket dapat terkirim dan dapat diterima tepat waktu. Hak dan Kewajiban PT. Pos Indonesia Cabang Surakarta ada;aj menerima pembayaran biaya pengiriman dan wajib mengantarkan kiriman/objek perjanjian sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia cabang Surakarta dimulai saat barang diterima oleh pegawai kantor Pos hingga diantar sesuai dengan alamat yang dituju. Terlambatnya paket pos sampai ke tempat tujuan, rusak ataupun hilangnya paket pos yang dikirimkan merupakan wanprestasi sehingga pihak pos dapat dituntut untuk memberikan ganti kerugian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengiriman barang berasuransi, hubungan hukum, tanggung jawab |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | Arif Murwanto |
Date Deposited: | 13 Aug 2015 02:34 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37034 |
Actions (login required)
View Item |