Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal(Studi Empiris Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2012)

MARGAWATI, ANITA (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal(Studi Empiris Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (971kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui apakah variabel-variabel profitabilitas, likuiditas, resiko bisnis, growth dan struktur aktiva mempengaruhi struktur modal secara parsial; 2) Mengetahui apakah variabel-variabel profitabilitas, likuiditas, resiko bisnis, growth dan struktur aktiva mempengaruhi struktur modal secara simultan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 data yang berasal dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari kurun waktu tahun 2008 sampai dengan 2012 dan mencantumkan data laporan keuangan yang lengkap pada tahun 2008-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel yang berdasarkan pertimbangan dan criteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikan simultan (Uji-F) dan uji signifikan parsial (Uji-t) serta Koefisien Determinasi (R²) dengan standard error of estimate yang digunakan sebesar 5% atau 0,05. Hasil penelitian : 1) Secara parsial terdapat pengaruh yang negative dan signifikan antara profitabilitas dengan struktur modal pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 2) Secara parsial terdapat pengaruh negative dan signifikan antara likuiditas dengan struktur modal pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 3) Secara parsial terdapat pengaruh negative dan signifikan antara growth dengan struktur modal pada perusahaan-perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 4) Sedangkan antara variabel resiko bisnis dan struktur aktiva tidak berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; 5) Secara simultan variabel profitabilitas, likuiditas, resiko bisnis, growth dan struktur aktiva mempengaruhi struktur modal pada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, profitabilitas, likuiditas, resiko bisnis, growth dan struktur aktiva
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 12 Aug 2015 07:29
Last Modified: 12 Aug 2015 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37008

Actions (login required)

View Item View Item