Kontribusi Media Pembelajaran Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014

Qoyyimah, Ima and , Drs. Sudarto, M.M (2015) Kontribusi Media Pembelajaran Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (387kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya kontribusi media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa, 2) adanya pengaruh lingkungan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa, 3) adanya kontribusi media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2014 yang mengambil mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 yang berjumlah 225. Sampel diambil sebanyak 137 mahasiswa dengan teknik simple combine sampling (mengkombinasikan proporsional dan insidental). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji f, selain itu juga dilakukan perhitungan sumbangan relative (SR) dan sumbangan efektif (SE). Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y= 27,463+ 0,156 X1 + 0,211 X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kontribusi media pembelajaran dan lingkungan belajar mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kontribusi media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 3,004 > 1,997 dan nilai signifikansi ˂ 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada pengaruh lingkungan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 3,718 > 1,997 dan nilai signifikansi ˂ 0,05 yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara kontribusi media pembelajaran dan lingkungan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil uji f diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 35,548 > 3,064 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 3,9% dan sumbangan efektif sebesar 4,4%. Variabel lingkungan belajar mahasiswa memberikan sumbangan relatif sebesar 55% dan sumbangan efektif sebesar 30,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif diatas, nampak bahwa variabel lingkungan belajar mahasiswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 dibandingkan variabel media pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, lingkungan belajar, dan prestasi belajar dasar akuntansi keuangan 1.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ima Qoyyimah
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:19
Last Modified: 12 Oct 2021 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36924

Actions (login required)

View Item View Item