Implikatur pada Wacana Sepanduk Iklan Kendaraan Bermotor di Surakarta

Hermawan, M Heru and , Prof. Harun Joko Prayitno, M.Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2015) Implikatur pada Wacana Sepanduk Iklan Kendaraan Bermotor di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (764kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (994kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk ‎implikatur pada wacana sepanduk iklan kendaraan bermotor di Surakarta, (2) ‎Mengidentifikasi maksud implikatur pada wacana sepanduk iklan kendaraan ‎bermotor di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. ‎Data penelitian ini yaitu wacana sepanduk untuk dianalisis dan diteliti maksud ‎implikatur yang terdapat pada kendaraan bermotor di Surakarta. Metode ‎pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode catat. ‎Teknik analisis data menggunakan metode padan ekstralingual yaitu menganalisis ‎unsur yang sifatnya ekstralingual seperti menghubungkan masalah bahasa dengan ‎hal yang berada di luar bahasa. Hasil penelitian ini adalah Bentuk implikatur ‎konvensional tersebut merupakan bentuk iklan penjualan sepeda motor bermacam ‎tipe dengan berbagai macam keunggulan, seperti pada data (01/New Mio), ‎‎(02/Mio Fino), dan (03/Mio GT), secara harafiah mereka menjual sepeda motor ‎MIO dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing, jadi tidak ada maksud lain ‎dalam penjualan tersebut. Selain itu ada bentuk mengiklankan dealer dengan ‎memberikan harga murah pada produk yang mereka jual seperti dalam brosur ‎honda. Pada data (04/Honda New Beat), (05/Honda New Beat), (09/Dealer ‎Panorama), (06/Dealer Honda) dan (06/Dealer Honda), merupakan bentuk ‎pengiklanan dealer yang maksudnya adalah memperkenalkan dealer agar diketahui ‎banyak masyarakat. Untuk menarik minat masyarakat, dealer tersebut mencoba ‎memberikan berbagai macam layanan seperti, memberikan kredit dengan bunga ‎ringan, melayani servis, dan juga memberikan hadiah kepada pelanggan dalam ‎bentuk undian. Maksud implikatur ditemukan bahwa terdapat banyak maksud ‎dalam satu iklan, seperti mengiklankan produk sepeda motor dengan ‎keistimewaannya, dan juga mengiklankan produk baru dari sepeda motor tersebut ‎seperti dalam data (01/New Mio), (02/Mio Fino), dan (03/Mio GT). Selain itu ada ‎juga yang bermaksud untuk mengiklankan produk motor dan juga mengiklankan ‎dealer penjualnya, seperti dalam data (04/Honda New Beat), (05/Honda New ‎Beat), (09/Dealer Panorama), (06/Dealer Honda) dan (06/Dealer Honda)‎

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implikatur, wacana, slogan kendaraan motor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: M. Heru Hermawan
Date Deposited: 12 Aug 2015 01:58
Last Modified: 07 Oct 2021 14:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36911

Actions (login required)

View Item View Item