Kualitas Produk Kerajinan Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Membuat Produk Kerajinan Dan Minat Siswa Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Indahsari, Fita and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2015) Kualitas Produk Kerajinan Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Membuat Produk Kerajinan Dan Minat Siswa Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Siswa Membuat Produk Kerajinan, pengaruh Minat Siswa Belajar Prakarya dan Kewirausahaan serta pengaruh Kreativitas siswa membuat produk kerajinan dan minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan terhadap kualitas produk kerajinan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 170 siswa, dan sampel 114 siswa diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket yang telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y= 17,409 + 0,215X1 + 0,322X2yang artinya kualitas produk kerajinan dipengaruhi oleh kreativitas siswa membuat produk kerajinan dan minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan. Kesimpulan yang diperoleh: 1) Ada pengaruh kreativitas siswa membuat produk kerajinan terhadap kualitas produk kerajinan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung>ttabel, yaitu 2,724 > 1,9840 (ɑ=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,007. 2) Ada pengaruh minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan terhadap kualitas produk kerajinan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung> ttabel, yaitu 4,478 > 1,9840 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh kreativitas siswa membuat produk kerajinan dan minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan terhadap kualitas produk kerajinan. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Fhitung> Ftabelyaitu dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas siswa membuat produk kerajinan memberikan sumbangan efektif sebesar 7,4008%, variabel minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan memberikan sumbangan efektif sebesar 16,5354%, total sumbangan efektif adalah sebesar 23,9%, sehingga dapat dikatakan bahwa minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan lebih dominan mempengaruhi kualitas produk kerajinan. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,239 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas siswa membuat produk kerajinan dan minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan terhadap kualitas produk kerajinan adalah 23,9% dimana sisaanya 76,1% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas siswa membuat produk kerajinan, Minat siswa belajar prakarya dan kewirausahaan, Kualitas produk kerajinan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Fita Indahsari
Date Deposited: 12 Aug 2015 03:20
Last Modified: 12 Oct 2021 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36904

Actions (login required)

View Item View Item