Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi intellectual capital disclosure (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2013)

PRIHATIN, EDYA APRILANA (2014) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi intellectual capital disclosure (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (938kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Daftar Publikasi)
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Intellectual capital disclosure merupakan salah satu hal yang bisa menjelaskan nilai lebih yang dimiliki perusahaan. Dengan Intellectual capital disclosure berarti perusahaan memberikan informasi tambahan mengenai perusahaannya seperti sumber daya manusia, inovasi, penelitian dan informasi non-keuangan lainnya yang pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Besarnya kecilnya Intellectual capital disclosure yang dilakukan perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, konsenterasi kepemilikan saham, dan tipe auditor terhadap intellectual capital disclosure. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013 dengan perusahaan perbankan sebagai sampel. Metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang terkumpul 104 perusahaan. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik: uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Pengujian ketepatan model menggunakan uji f dan uji koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi liner berganda dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan dan tipe auditor berpengaruh terhadap intellectual capital disclosure. Hal ini menunjukkan bahwa umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan tipe auditor dapat mempengaruhi tinggi rendahnya intellectual capital disclosure pada perusahaan perbankan. Sedangkan variabel konsenterasi kepemilikan saham tidak berpengaruh terhadap intellectual capital disclosure. Hal ini menunjukkan bahwa konsenterasi kepemilikan saham tidak dapat mempengaruhi tinggi rendahnya intellectual capital disclosure pada perusahaan perbankan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ukuran perusahaan, umur perusahaan, konsenterasi kepemilikan saham, tipe auditor, intellectual capital disclosure.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:26
Last Modified: 25 Sep 2018 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36898

Actions (login required)

View Item View Item