Hubungan Penerapan KADARZI Dengan Pemberian ASI Eksklusif dan Pemilihan ‎Makanan Jajanan pada Balita Usia 36-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas ‎Gilingan Surakarta

Maghfiroh, Firda Maulida and , Dr.Mutalazimah,SKM.,MKes and , Ruli Sudaryanto, SST.GZ (2015) Hubungan Penerapan KADARZI Dengan Pemberian ASI Eksklusif dan Pemilihan ‎Makanan Jajanan pada Balita Usia 36-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas ‎Gilingan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN P.pdf

Download (15MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Full Text)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah ini.pdf

Download (477kB)

Abstract

Pendahuluan: Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) yaitu keluarga yang dapat mewujudkan keadaan gizi yang sebaik-baiknya yang tercermin pada sikap dan perilaku mengkonsumsi pangan yang beraneka ragam dan bermutu gizi seimbang. Pemberian ASI Eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan dan perilaku ibu dalam memilih makanan jajanan untuk balita merupakan salah satu kunci keberhasilan dari program KADARZI. Tujuan : Mengetahui hubungan penerapan KADARZI dengan pemberian ASI Eksklusif dan pemilihan makanan jajanan pada balita usia 36-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Gilingan Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 45 orang yang dipilih secara acak (Sistematic Random Sampling). Sampel pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita usia 36-59 bulan. Data penerapan KADARZI, pemberian ASI Eksklusif dan pemilihan makanan jajanan diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil: Sebagian besar penerapan KADARZI adalah baik (91,3%). Sebanyak 80,4% balita tidak diberikan ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan. Sebanyak 56,5% ibu memiliki perilaku pemilihan makanan jajanan yang baik. Hasil analisis uji statistik antara penerapan KADARZI dengan pemberian ASI Eksklusif diperoleh nilai p = 0,399. Sedangkan uji hubungan antara penerapan KADARZI dengan pemilihan makanan jajanan diperoleh nilai p = 0,004. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara penerapan KADARZI dengan pemberian ASI Eksklusif pada balita usia 36-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Gilingan Surakarta. Terdapat hubungan antara penerapan KADARZI dengan pemilihan makanan jajanan pada balita usia 36-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Gilingan Surakarta. Saran: Mengoptimalkan pertemuan gizi dengan ibu balita agar ibu balita selalu termotivasi dan terpantau oleh petugas kesehatan sehingga dapat terwujud keluarga yang sadar gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KADARZI, ASI eksklusif, pemilihan makanan jajanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Firda Maulida Maghfiroh
Date Deposited: 12 Aug 2015 02:22
Last Modified: 06 Sep 2022 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36893

Actions (login required)

View Item View Item