Pengembangan lembar kerja siswa (lks) pendamping ipa Untuk smp kelas vii semester 2 berdasarkan Kurikulum 2013

KHAIRULLIA, T. (2015) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) pendamping ipa Untuk smp kelas vii semester 2 berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI E.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (492kB)
[img] PDF (bab I)
BAB I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (pernyataan publikasi ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) IPA kelas VII semester 2 pada bab Energi dan Suhu dan Perubahannya berdasarkan kurikulum 2013, 2) mengetahui kualitas lembar kerja siswa (LKS) IPA kelas VII semester 2 berdasarkan uji ahli. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menurut Borg and Gall (1989). Model penelitian pengembangan ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu (1) Research and Information collecting; (2) Planning; (3) Develop preliminary form of product; (4) Preliminary field testing. Instrument penilaian berupa lembar check list yang diberikan kepada ahli materi (dosen biologi dan guru IPA). Penilaian LKS meliputi beberapa aspek yaitu kualitas isi, kebenaran konsep, keluasan konsep, penggunaan bahasa, kualitas bahan pertanyaan, penampilan fisik LKS dan tingkat keterlaksanaan. Data yang diperoleh, selanjutnya di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS yang dikembangkan menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall (1989) berdasarkan penilaian ahli materi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan pada kelas VII semester 2 berdasarkan kurikulum 2013 layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pendamping untuk materi IPA kelas VII semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penelitian dan pengembangan, lembar kerja siswa (LKS), ilmu pengetahuan alam (IPA).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: T Khairullia
Date Deposited: 11 Aug 2015 06:03
Last Modified: 11 Aug 2015 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36835

Actions (login required)

View Item View Item