Hubungan asupan energi, protein dan perilaku hidup Bersih dan sehat (phbs) dengan kejadian pneumonia Pada balita di puskesmas tawangsari Kabupaten sukoharjo

Anggraini, Ririn and , Muwakhidah, SKM, M.Kes and , Dewi Pertiwi Dyah K,S.Gz., M.Gizi (2015) Hubungan asupan energi, protein dan perilaku hidup Bersih dan sehat (phbs) dengan kejadian pneumonia Pada balita di puskesmas tawangsari Kabupaten sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN DAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI PUSKESMAS TAWANGSARI KABUPATEN SUKOHARJO Pendahuluan: Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan masalah kesehatan yang serius terutama pada anak usia 1-5 tahun dan apabila tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik akan menjadi infeksi saluran pernafasan bawah atau pneumonia. Ada beberapa beberapa faktor yang mempengaruhi pneumonia yaitu asupan energi, asupan protein dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi, protein dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. MetodePenelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan crossectional. Sampel yang digunakan adalah balita usia 1-5 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik consequtive sampling, dengan menggunakan uji hubungan Chi-Square. Kejadian Pneumonia di ukur menggunkan ARY timer. Asupan Energi dan asupan protein diperoleh dengan wawancara menggunakan metote recall 24 jam selama 3 hari tidak berturut-turut dan PHBS diperoleh dengan cara pengisian kuesioner. Hasil: Ada hubungan asupan energi dengan kejadian pneumonia (p=0,017). Ada hubungan asupan protein dengan kejadian pneumonia (p=0,003). Tidak ada hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia (p=0,251). Kesimpulan: Ada hubungan asupan energi dan protein dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Tidak ada hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan kejadian pneumonia pada balita di Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asupan Energi, Asupan Protein, Pneumonia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ririn Anggraini
Date Deposited: 10 Aug 2015 02:35
Last Modified: 06 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36626

Actions (login required)

View Item View Item