Asertivitas dalam Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII SMA Ditinjau dari Persepsi terhadap Pola Asuh Orangtua

Kusumastuti, Salindri (2015) Asertivitas dalam Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII SMA Ditinjau dari Persepsi terhadap Pola Asuh Orangtua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (686kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan studi lanjut sering kali menjadi permasalahan yang ditemui oleh siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA). Penyebabnya antara lain rendahnya perilaku asertif, ikut-ikutan teman saat mendaftar kuliah, dan keterpaksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan asertivitas dalam pemilihan studi lanjut pada siswa kelas XII SMA ditinjau dari pola asuh orangtua dan melihat perbandingan asertivitas antar pola asuh. Peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk mencapai tujuan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA N 1 Colomadu yang berjumlah 113 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan menggunakan empat kelas sebagai sampel. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian antara lain : Skala Asertivitas, dan Skala Pola Asuh Orangtua. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Anova Satu Jalur. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan dalam hal asertivitas dalam pemilihan studi lanjut antara pola asuh demokratis dengan pola asuh otoriter. Perbedaan yang sangat signifikan dalam hal asertivitas dalam pemilihan studi lanjut antara pola asuh demokratis dengan pola asuh permisif. Tidak ada perbedaan signifikan asertivitas dalam pemilihan studi lanjut antara pola asuh otoriter dengan pola asuh permisif. Berdasarkan hasil tersebut, maka orangtua disarankan untuk menerapkan pola asuh demokratis kepada anak agar anak dapat berperilaku asertif. Meningkatkan asertivitas dengan aktif berkomunikasi pada orang lain tentang perasaan dan pemikiran yang dimiliki. Peneliti selanjutnya akan meneliti tentang asertivitas sebaiknya menambahkan faktor lain seperti kepribadian, kepercayaan diri, jenis kelamin, pendidikan, sosial dan budaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asertivitas dalam pemilihan studi lanjut, pola asuh orangtua (demokratis, otoriter, permisif)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: SALINDRI KUSUMASTUTI
Date Deposited: 10 Aug 2015 02:54
Last Modified: 10 Aug 2015 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36624

Actions (login required)

View Item View Item