Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP N 3 KRADENAN)

Wijaya, Akhmad Dwi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP N 3 KRADENAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
1.halaman depan.pdf

Download (943kB)
[img] PDF (bab 1)
2. bab 1.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (bab 2)
3. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (bab 3)
4. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (bab 4)
5. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (bab 5)
6. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (daftar pustaka)
7. daftar pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (lampiran)
8. lampiran.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (507kB)
[img] PDF (surat pernyataan publikasi ilmiah)
surat pernyataan publikasi karya ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) peningkatan keaktifan, 2) peningkatan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VII A SMP NEGERI 3 KRADENAN. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 KRADENAN berjumlah 24 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data,penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika, yaitu (a) keaktifan siswa yang mengajukan pertanyaan, yaitu sebelum penelitian tindakan 5 siswa (20,83%), pada siklus I 10 siswa (41,67%), siklus II 16 siswa (66,67%), (b) ¬keaktifan siswa yang mengemukakan pendapat, yaitu sebelum penelitian tindakan 6 siswa (25%), pada siklus I 13 siswa (54,17%), siklus II terdapat 20 siswa (83,33%) (c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, yaitu sebelum penelitian tindakan 6 siswa (25%), pada siklus I terdapat 12 siswa (25%), siklus II terdapat 18 siswa (75%), (d) meningkatnya hasil belajar siswa dilihat dari jumlah siswa yang tuntas KKM, yaitu sebelum penelitian tindakan 7 siswa (29,17%), pada siklus I 14 siswa (58,33%), siklus II 21 siswa (87,5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: belajar, hasil , keaktifan, reciprocal, teaching.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akhmad Dwi Wijaya
Date Deposited: 08 Aug 2015 03:22
Last Modified: 10 Oct 2021 15:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36562

Actions (login required)

View Item View Item