Aspek Religius Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra DI SMA

Untari, Rina and , Dr. Nafron Hasjim and , Drs. Zinal Arifin, M. Hum. (2015) Aspek Religius Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammaiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (604kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (705kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
SINOPSIS CCP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Cahaya Cinta Pesantren, (2) mengkaji aspek religi yang terdapat dalam novel Cahaya Cinta Pesantren menggunakan pendekatan sosiologi sastra, (3) dan menganalisis bentuk implementasi hasil penelitian novel Cahaya Cinta Pesantren dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Objek penelitian ini adalah aspek religius dalam novel Cahaya Cinta Pesantren. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa paragraf dalam novel Cahaya Cinta Pesantren yang mengarah pada aspek religius. Teknik pustaka dan simak catat merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Validitas data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik trianggulasi data. Metode dialektika adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) struktur yang membangun novel Cahaya Cinta Pesantren terdiri dari tema dan fakta cerita. Tema dalam novel ini adalah perjuangan seorang gadis dalam menuntut ilmu agama di sebuah pesantren. Tokoh utama dalam novel Cahaya Cinta Pesantren adalah MarShila Silalahi dengan tokoh tambahan ketiga sahabat dan keluarganya. Alur dalam novel Cahaya Cinta Pesantren adalah alur progresif. Latar tempat yang mendominasi dalam novel ini adalah Pondok Pesantren Al-Amanah di Kota Medan. Cerita ini berlangsung selama lima belas tahun. Lingkungan pesantren dan masyarakat Islami merupakan latar sosial yang tampak dalam novel ini. (2) Aspek religius yang terkandung dalam novel Cahaya Cinta Pesantren ada akidah, ibadah dan muamalah. (3) Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XI berdasarkan SK 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dan KD 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Selain itu, penelitian ini juga sesuai dengan SK 15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat KD 15. 1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek religius, novel Cahaya Cinta Pesantren, sosiologi sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: RINA UNTARI
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:41
Last Modified: 07 Oct 2021 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36550

Actions (login required)

View Item View Item