Pemanfaatan Penggunaan Buku Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas Xi Pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Gemolong)

ASTUTIK, NIKA DWI (2015) Pemanfaatan Penggunaan Buku Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas Xi Pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikai)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (362kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (868kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penggunaan, kendala, dan solusi dari kendala penggunaan buku siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Validitasnya menggunakan triangulasi sumber data dari narasumber, dokumen, dan peristiwa serta triangulasi teknik dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penggunaan buku siswa dalam pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gemolong secara relatif sudah dapat terlaksana. Penggunaan buku siswa mencakup dari buku pengangan bagi siswa, penilaian dan penugasan dan buku LKS. Penggunaan buku siswa dapat dilihat dari aspek segi materi dan segi isi. Penggunaan buku siswa berdasarkan penilaian dan penugasaan dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasaan. Sedangakan teknik yang belum dilaksanakan atau belum dipahami, yaitu teknik tes lisan. Kendala penggunaan buku siswa yaitu seperti keterbatasan kertas, saat proses pembelajaran ada yang tidak membawa buku pelajaran, terdapat soal yang sukar dikerjakan, terdapat siswa yang belum mengumpulkan tes penugasan dan belum tuntas, keterbatasan waktu guru untuk mengkoreksi pekerjaan siswa dan hasil pekerjaan siswa yang sudah dikoreksi tidak dikembalikan, serta teknis yang digunakan dalam tes lisan berbeda dengan pengertian dari tes lisan. Solusi dari penggunaan buku siswa, yaitu memanfaatkan kertas yang ada, menyuruh siswa untuk membuat tugas karena tidak membawa buku pelajaran saat proses KBM, melakukan remididiasi, berdiskusi dengan guru dalam membahas soal, melaksanakan koreksi silang, dan menggunakan tes lisan yang berbeda, yaitu guru bertanya dengan lisan, namun siswa menjawabnya dengan tulisan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Buku Siswa, Kurikulum 2013, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Nika Dwi Astutik
Date Deposited: 07 Aug 2015 06:26
Last Modified: 13 Aug 2015 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36549

Actions (login required)

View Item View Item