Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Dan Interaksi Dosen Dengan Mahasiswa Terhadap Hasl Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Mahasiswa Fkip Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012

Rofia’ah, Rofia’ah and , Drs. Sami’an, M.M. (2015) Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Dan Interaksi Dosen Dengan Mahasiswa Terhadap Hasl Belajar Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Mahasiswa Fkip Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (701kB)
[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh fasilitas pembelajran terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 2) Pengaruh interaksi dosen dengan mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universits Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 3) Pengaruh fasilitas pembelajaran dan interaksi dosen dengan mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Jenis penelitian ini, deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi penelitian adalah mahasiswa FKIP akuntansi UMS angkatan 2012 sebanyak 154 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 110 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan: Y=28,188+0,508X1+0,428X2. Uji t pertama memperoleh thitung>ttabel, yaitu 3,079 > 1,982 dan nilai signifikansi 0,003< 0,05 dengan sumbangan efektif 6,8%. Uji t kedua memperoleh thitung>ttabel, yaitu 8,511 >1,982 dan nilai signifikansi 0,000 dengan sumbangan efektif 39,2%. Uji F memperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 45,567 > 3,081 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Uji R2 diperoleh hasil sebesar 0,460. Kesimpulan: 1) Fasilitas pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 2) Interaksi dosen dengan mahasiswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012; 3) fasilitas pembelajaran dan interaksi dosen dengan mahasiswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata kuliah kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Besarnya pengaruh fasilitas pembelajaran dan interaksi dosen dengan mahasiswa sebesar 46%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar mata kuliah kewirausahaan (Y), fasilitas pembelajaran ( ), dan interaksi dosen dengan mahasiswa ( ).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Rofiah
Date Deposited: 07 Aug 2015 06:16
Last Modified: 08 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item View Item