PENGARUH PENGELOLAAN KELAS SERTA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Mayasari, Asri (2009) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS SERTA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040073.pdf

Download (208kB)
[img] PDF
A210040073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel pengelolaan kelas dan pemanfaatan sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dan apakah secara bersama-sama variabel pengelolaan kelas dan pemanfaatan sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun 2007/2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 226 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan metode quota random sampling sehingga terpilih sampel sebanyak 56 siswa. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji cobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui linieritas dan normalitas, baru dilakukan pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan perhitungan sumbangan relatif serta sumbangan efektif dengan bantuan program SPSS for Windows V.11.0 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 49,714 + 0,574 X1 + 0,342 X2. Pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VIII ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,574. Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi kelas VIII ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,342. Uji F diperoleh nilai F = 0,05 sebesar 3,15 Fhitung 21,268. Karena 21,268 > 3,15 maka Ho ditolak (Ha diterima) yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel pengelolaan kelas dan pemanfaatan sumber belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar pada  = 5%. Uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,445 artinya variabel independen yaitu pengelolaan kelas dan pemanfaatan sumber belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 44,5% sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti. Sumbangan relatif untuk pengelolaan kelas sebesar 59,28% sedangkan sumbangan relatif untuk pemanfaatan sumber belajar sebesar 40,72% dan sumbangan efektif variabel pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar sebesar 17,77% sedangkan sumbangan efektif untuk pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar 42,20% sehingga total efektifnya sebesar 59.97%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 18 Jul 2009 04:08
Last Modified: 16 Apr 2011 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item